Kamis, 17 Desember 2015

Tugas Artikel



Pendidikan Merubah Dunia

Pendidikan adalah proses yang penting bagi manusia mulai dari usia dini sampai usia tua, pendidikan selalu di butuhkan untuk hidup sesorang. Pendidikan dapat di jadikan jalan seorang anak untuk menggapai impiannya. Pendidikan sangat penting bagi semua kalangan dan semua usia. Pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sosial seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin tinggi pula tingkat sosialnya dimasyarakat.
       
  Pendidikan diajarkan mulai dari usia dini, baik secara formal di sekolah maupun non formal seperti pendidikan di rumah. Pendidikan formal yang dilakukan di sekolah dirasakan anak saat usianya sudah cukup untuk bersekolah. Di sekolah di ajarkan kekuatan mental anak, kekuatan moral dan fisik, diajarkan rasa hormat kepada orang lain. Mereka dibimbing untuk berpikir kritis menanggapi suatu hal, dibimbing untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Namun, pendidikan didapatkan sebenarnya adalah sebelum mereka mengenal sekolah. Media yang paling utama untuk mendidik adalah keluarga. Anak-anak sudah diajarkan beberapa hal yang kecil oleh keluarganya secara non formal sebelum akhirnya mereka mendapatkan pendidikan formal di sekolah.

Pentingnya pendidikan memang tidak bisa dibohongi. Setiap orang memerlukan pendidikan. Pendidikan bahkan bisa menjadi penentu hidup kita dikemudian hari. Pemerintah sekalipun sudah menjadikan pendidikan sebagai sesuatu yang wajib untuk dijalani. Bahkan pendidikan bisa menentukan posisi seseorang dalam dunia kerjanya. Pendidikan membuat otak lebih berkembang dan berpikir maju. Tentu saja itu akan berbeda dengan seseorang yang tidak merasakan pendidikan. Perbedaan itu jelas terlihat dari cara pikir dan cara berbicara seseorang yang berpendidikan dengan  orang yang tidak merasakan pendidikan.

Pentingnya pendidikan untuk hidup kita
Penentu masa depan
Pendidikan dapat memastikan bahwa orang yang memiliki pendidikan yang tinggi tentu akan memiliki masa depan yang baik. Hal ini di karenakan orang yang berpendidikan memiliki keterampilan yang lebih mumpuni yang dibutuhkan di dunia kerja dibanding orang yang tidak berpendidikan.
Wawasan yang luas
Orang yang berpendidikan tentu akan memiliki wawasan yang luas. Wawasan yang ia dapatkan sewaktu menuntut ilmu, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, pengalaman di dunia kerja, dst. Menjadikan ia mengetahui berbagai hal yang tidak semua orang tau, dan menjadikan ia lebih berpikir kritis dalam berbagai hal.
Menambah kepercayaan diri
Pendidikan menanamkan pendidikan karakter dan mental untuk individunya. Orang yang berpendidikan adalah orang yang percaya diri. Percaya diri adalah hal yang paling sulit dicari dan dibangun oleh seseorang. Jika seseorang memiliki pendidikan yang bagus, pastilah dia memiliki percaya diri yang bagus pula. Mampu mengendalikan diri sendiri dan mampu percaya pada dirinya sendiri untuk menaklukan dunia.
Pentingnya pendidikan di dunia kerja

Pendidikan erat hubungannya dengan dunia kerja. Lapangan pekerjaan menginginkan pekerja yang mempunyai keterampilan dan berpendidikan tinggi. Lapangan pekerjan yang sempit membuat persaingan yang ketat di dunia kerja. Tak jarang orang yang mempunyai gelar sarjana menganggur karena sedikitnya peluang kerja yang ada.

Dalam masalah karir, tuntutan dari dunia kerja seperti beberapa perusahaan yang menuntut karyawannya harus berpendidikan tinggi. Bahkan mereka menjadikan pendidikan sebagai syarat utama untuk perusahaan mereka. Semakin rendah tingkat pendidikan anda, semakin sedikit pula peluang anda untuk memiliki karir dan masa depan yang menjamin. Sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia  membuat perusahaan menyeleksi dengan ketat para pelamar kerja. Mereka yang menyelesaikan pendidikan dengan tingkat yang lebih tinggi tentu di prioritaskan oleh perusahaan di banding mereka yang pendidikannya rendah.

Ada beberapa alasan yang dijadikan perusahaan mengapa menjadikan pendidikan sebagai syarat utama bagi perusahaan mereka. Diantara alasan-alasan tersebut salah satunya adalah karena sekolah mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, itu akan menjadikan keterampilan berkomunikasi kita lebih baik sehingga memudahkan kita dalam berinteraksi dengan rekan kerja. Dengan sekolah kita juga bisa memiliki dan mengetahui hal-hal yang lebih luas dari yang sebelumnya kita ketahui. Belajar dari pengalaman orang-orang yang ada di sekitar kita, memiliki kepercayaan diri dan memiliki keterampilan yang lebih mumpuni.

Kehidupan manusia akan sia-sia jika tidak di imbangi dengan pendidikan. Kesimpulannya adalah pendidikan sangat bermanfaat bagi semua manusia, baik tua maupun muda, laki-laki atau perempuan, pendidikan formal atau non formal, semua sangat penting bagi kehidupan manusia. Semua proses dalam hidup ini adalah belajar, jadi tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar demi masa depan yang lebih terjamin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar